21 November 2008

Tips Dalam Mailing List

Ulasan Nadzar: (Contoh dalam Menolkan kembali suasana, dianggap sebagai Tokoh Central Mailing List ini)

mohon maaf teman teman..Lagi..!!! Saya mohon maaf. harus menulis posting ini. Awalnya saya biarkan saja, tetapi sering terjadi. Jadi saya rasa perlu menjelaskan masalah ini supaya tidak terulang lagi.

Sering ada orang yang marah atau setidaknya berkata cukup keras terhadap postingan orang lain termasuk punya saya sendiri. Lucunya seperti bolot, nggak nyambung atau justru sebenarnya sudah dijelaskan.

Hal ini mungkin karena mereka langsung berkomentar tanpa memahami terlebih dahulu. Baru melihat judul atau sebagian saja, mereka sudah berkomentar. Padahal sering kali mereka salah mengambil kesimpulan karena tidak membaca secara lengkap, atau terlalu terburu-buru membacanya dengan pemikiran yang panic langsung memberi jawaban yang tidak sesuai dengan target dari pertanyaan selama ini dan baru saja saya langsung menghapus email seperti ini karena berpotensi malah memunculkan konflik,akibat telah bergesernya mammfaat milist dari yang seharusnya membangun mammfaat untuk Nanggroe Aceh jadi terbalik carut marut tak karuan satu sama lainnya, alhasil.. ka lagei sipei pei lampou uuu jak pula baktimoun fang..

marilah kita tetap tenang dan sabaaaaarrr dalam berdiskusi dengan baik. Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan dalam memberi jawaban Bacalah dengan kesabaran dan teliti posting orang lain agar kita benar-benar memahami maksudnya sehingga terhindar dari kesalahan yang tidak semestinya. jikapun terlalu pedas kritikan teman kita, anggaplah bentuk dari evaluasi diri atas tulisan kita sebaliknya dan tidaklah seseorang terkutuk dan mesti harus dikutuk disebabkan posting teman kita bertolak belakang dari keinginan di lain pihak....... .

Camkan...Rasulullah bersabda..
Tiap-Tiap Ucapan yang baik Tutur kata yang baik dan sopan penuh makna kebenaran akan di angkat Allah ke langit ke HaribaaNYA sebagai pahala yang besar dan di kembalikan kepada pemiliknya.. .

Jika Anda marah atau merasa tersinggung atas posting orang lain. jangan langsung membalas apalagi dengan ucapan terkutuk kepada pihak lain dan kata2 kasar lainnya kalaupun teman kita kesalahan dalam menulis postingnya itu wajar2 saja kita adalah manusia dengan keterbatasan akal terbatas pula ilmu yang kita miliki...... .....jadi. ...... Tutuplah email Anda dan buka lagi besok saat hati sudah sejuk agar Anda bisa melihat permasalahan lebih jernih

Lihatlah sebelum bicara agar tiada kesalahan minjam punya ebiet G.Ade..hehe. .hehe...

Tetaplah positif dan jaga silaturrahmi dalam persaudaraan

Wassalam

Jawaban Kosasih Bakar:

Teman-teman yang suka berpikir merdeka dan bebas dan cinta perdamaian dan anti intimidasi.. ..

Ini adalah tip atau cara untuk dapat menghilangkan isu yang dianggap tidak sesuai dengan kepentingan anggota mailing list, saya mendapatkan nya dari pola-pola teman-teman yang bermain di malilinglist ini:

1. Anda agar segera membentuk kelompok dalam jumlah yang cukup besar untuk bisa mengelola isu pada mailing list tersebut.
2. Segera anda membuatkan isu-isu yang akan diwacanakan secara teratur dan bertahap sesuai dengan misi yang akan dilakukan.
3. Bila ada anggota mailing list yang tidak sesuai dengan perjuangan, maka hal yang terbaik adalah: mengajak mereka untuk dalam satu persepsi, jika tidak berhasil buatkan wacana-wacana tandingan untuk menandingi wacana dia dari berbagai isu, jika tidak berhasil maka mentahkan wacana dia (mengajak orang untuk tidak melihat email dia, tidak mengangkat wacana yang krusial bagi kepentingan golongan tersebut, selalu melihat isu yang dibawa tidak penting dan krusial)
4. Mencegah adanya pengikut dari anggota mailing list ini, dengan berbagai cara, bila ada satu isu yang terkesan mendukung atau berbahaya bila diikutkan maka ajak mereka dalam diskusi tersendiri, untuk mencegah terjadinya pengelompokkan.
5. Menjadikan beberapa anggota kelompok sebagai central point dalam berdiskusi dengan seolah-olah menjadi penengah dalam setiap pertikaian yang terjadi.

Nah, teman-teman sudah dapat menganalisanya bukan, dari tips-tips ini, kembali hanya untuk membungkam suara-suara teman-teman yang cinta akan kebebasan berpikir.

Saran saya mari kita membangun organisasi pada mailing list ini seperti cara mereka untuk mengeminilisasi berita untuk kepentingan mereka, minimal Hadis Nabi mengatakan bahwa:
Kejahatan yang terorganisir bisa mengalahkan kebaikan yang tidak terorganisir.

Sekarang waktunya melawan intimidasi dan berpikir merdeka tanpa harus ada lagi PERANG BODOH.

Selamat menyimak dan menyaksikan ...

Tidak ada komentar: